Pages

Saturday, August 20, 2011

Budaya Kalimantan Tengah Seni Kebudayaan Daerah Kalteng

Budaya Kalimantan Tengah Seni Kebudayaan Daerah Kalteng - Dengan banyaknya jumlah suku serta bahasa daerah tentu propinsi Kalimantan memiliki beragam seni dan budaya yang menarik.

Banyak hal menarik dari kebudayaan tradisional daerah Kalimantan Tengah. Upacara adat Wadian adalah satu contoh dari kebudayaan yang berasal dari Kalteng. Wadian merupakan upacara pengobatan yang terdapat pada suku Dayak Bawo, suku Dusun, suku Maanyan, suku Lawangan, suku Benuaq serta suku Bukit. Suku-suku tersebut masih serumpun dan hidup berdampingan di sekitar daerah yang berbatasan di antara propinsi Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan.

Tidak hanya upacara Wadian saja yang merupakan upacara tradisional daerah Kalimantan Tengah tapi ada juga upacara adat lainnya seperti Upacara Tiwah, Wara, Balian, Potong Pantan, Mapalas serta upacara Ijambe.

Tarian Tradisional Daerah Kalimantan Tengah
Indonesia memang kaya akan kebudayaan daerah, propinsi Kalteng juga memiliki aneka seni tari daerah seperti Tarian Hugo dan Huda, tari Putri Malawen, tari Tuntung Tulus dari Barito Timur, tari Giring-giring, tari Balian Dadas serta tarian Manganjan.

Bahasa Daerah Kalimantan Tengah
Di Kalimantan Tengah terdapat bermacam-macam bahasa daerah atau bahasa lokal yang sering di pakai oleh masyarakat Kalteng sehari-hari. Bahasa-bahasa daerah tersebut di kelompokkan dalam bahasa dominan dan bahasa minoritas. Bahasa dominan meliputi : Melayu, Banjar, Ngaju, Manyan, Katingan, Bakumpai, Tamuan serta bahasa Sampit. Bahasa kelompok minoritas meliputi : Mentaya, Pembuang, Dusun Kalahien, Balai, Bulik, Mendawai, Dusun Bayan, Dayak Barean, bahasa Dayak Bara Injey, Kadoreh serta bahasa Kuhin.

No comments:

Post a Comment