Pages

Saturday, August 20, 2011

Budaya Sulawesi Utara Seni Kebudayaan Daerah Sulut

Budaya Sulawesi Utara Seni Kebudayaan Daerah Sulut - Sulawesi Utara sebuah nama propinsi yang ada di Pulau Sulawesi negara Indonesia. Banyak hal menarik mengenai kebudayaan yang ada di Sulawesi Utara ini.

Di Propinsi Sulawesi Utara terdapat etnis/suku utama yaitu Suku Minahasa, Suku Sangihe, suku Talaud, serta Suku Bolaang Mongondow. Dari tiap tiap suku etnis tersebut memiliki bahasa serta tradisi yang bermacam macam seperti bahasa daerah, serta terdapat pula tradisi serta norma-norma kemasyarakatan yang sangat unik dan khas.

Sehingga bahasa yang di pakai sehari hari di provinsi Sulut ini terbagi dalam beberapa bahasa seperti Bahasa Minahasa ( terdiri dari bahasa Toulour, Tombulu, Tonsea, Tontemboan, Tonsawang, Ponosakan dan Batik).

Bahasa daerah Sangihe Talaud ( terdiri dari bahasa Sangie Besar, Siau serta bahasa Talaud). dan Bahasa daerah Bolaang Mongondow ( terdiri dari bahasa Mongondow, Bolaang, Bintauna, Kaidipang). Walaupun memiliki bermacam bahasa daerah Bahasa nasional Indonesia juga digunakan dan dimengerti dengan baik oleh sebagian besar masyarakat yang ada di Sulawesi Utara.

Seni kebudayaan Daerah Sulawesi Utara
Manado sebagai ibukota Sulawesi Utara memiliki jenis alat musik tradisional yaitu kolintang. Alat musik Kolintang ini terbuat dari bahan kayu yang berbeda-beda ukuran panjangnya. Dari ukuran ini akan menghasilkan nada-nada yang berbeda. Dan untuk memainkan sebuah lagu secara lengkap dibutuhkan sejumlah alat musik kolintang untuk menghasilkan kombinasi suara yang indah dan bagus.

Makanan Khas Daerah Sulawesi Utara
Sama seperti daerah lainnya yang ada di Indonesia, Sulawesi Utara juga memiliki makanan khas asli daerah Sulut. Makanan khas asli Sulawesi Utara yang sangat populer adalah Tinutuan atau Midal (bubur Manado). Tidak hanya bubur Manado saja, di daerah Minahasa juga terdapat makanan khas asli daerah ini dan sangat jarang ditemui di propinsi lain yang ada di Indonesia, di antaranya adalah rintek wuuk (masyarakat setempat biasa menyebut RW) atau daging anjing, daging ular serta paniki (dari daging kelelawar). Makanan khas lainnya yang berasal dari Sulawesi Utara adalah woku blanga, cakalang fufu dan sering ditemui di daerah pesisir Sulut.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment